Categories
Uncategorized

Perbedaan Genset Bensin dan Genset Diesel Sebagai Cadangan Energi LIstrik

Generator adalah sebuah mesin yang berfungsi mengubah energi gerak menjadi energi listri melalui serangkaian induksi elektromagnetik dinamo yang berada di dalam mesin genset. Keberadaan mesin dinamo inilah yang kemudian diberi tambahan-tambahan serangkaian perangkat lain sehingga terbentuklah satu set mesin generator atau yang biasa disebut dengan generator set atau genset. Genset terbagi menjadi genset bensin dan genset diesel jika dilihat dari bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan mesinnya. Baik genset bensin dan genset solar masing-masing memiliki kegunaan dan kelebihannya masing-masing.

Listrik Untuk Rumah Tangga

Listrik adalah salah satu elemen sumber kehidupan modern. Hampir seluruh peralatan yang digunakan oleh masyarakat modern merupakan peralatan elektronik dimana membutuhkan listrik sebagai sumber energinya. Listrik ini digunakan selama hampir 24 jaman pada peralatan yang berbeda-beda. Mulai dari lampu sebagai penerangan, listrik untuk mengisi daya baterai handphone dan laptop, listrik sebagai sumber sarana hiburan televisi dan masih banyak lagi. Dari sini Anda semua mengerti betapa pentingnya listrik bagi kehidupan manusia sehari-hari.

Listrik Untuk Bisnis

Sama halnya dengan rumah tangga, listrik juga digunakan untuk menjalankan operasional bisnis dan usaha bagi setiap pelaku usaha. Seluruh kegiatan usaha yang berada di dalam ruangan maupun luar ruangan sekalipun pasti membutuhkan listrik. Listrik dibutuhkan dalam julah besar oleh pemilik usaha penginapan untuk memenuhi kebutuhan energi menyalan jumlah lampu di seluruh ruangan dan peralatan listrik lainnya. Bayangkan saja bagaimana repotnya jika terjadi pemadaman listrik sedangkan kamar hotel sedang banyak terisi tamu?. Oleh karena itu, semua hotel harus memiliki mesin yang dapat berfungsi sebagai cadangan sumber energi listrik. Mesin inilah yang kemudian disebut generator set atau genset.

Jenis – Jenis Genset

Dalam pembagiannya, genset dibagi menjadi berbagai macam, mulai dari jenis bahan bakarnya, tipenya, dan besar kapasitanya. Berikut adalah pembagian genset berdasarkan jenis bahan bakarnya.

  1. Genset Bensin

Penggunaan bensin sebagai bahan bakar suatu mesin sudah banyak digunakan sejak dulu. Kemudahan pencarian bahan bakar bensin yang kemudian menyebabkan salah satu alasan mengapa mesin-mesin menggunakan bahan bakar bensin. Selian itu, bensin dinilai lebih ramah terhadap kualitas mesin. Proses penyulingan bahan bakar bensin yang dilakukan lebih banyak ketimbang solar menjadikan kandungan-kandungan bensin lebih terfilter dan lebih ramah digunakan. Genset bensin memiliki perbedaan lain dengan genset diesel, yakni suara yang dihasilkan tidak bising layaknya genset diesel.  Kapasitas genset bensin yang lebih kecil dijadikan alasan jenis genset ini lebih banyak digunakan dalam kapasitas cadangan listrik rumah tangga saja.

  1. Genset Diesel

Jika Anda pernah mengunjungi acara-acara di tempat terbuka seperti misalnya pasar malam, expo, pengajian atau bahkan acara hajatan outdoor maka Anda tidak asing dengan sebuah mesin berbunyi bising yang diletakkan di sekitar acara. Alat ini diletakkan jauh dari lokasi pemakaianya karena genset solar memiliki suara mesin yang bising dan cenderung mengganggu. Walau begitu, genset solar tetap dibutuhkan karena harganya yang lebih terjangkau untuk ukuran genset dengan kapasitas besar jika dibandingan genset yang menggunakan bahan bakar lain.

Itulah beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui mengenai genset bensin dan genset solar. Genset semakin banyak dicari masyarakat saat ini sebagai sumber energi cadangan, terutama masyarakat di kota-kota besar karena kebutuhan listrik yang lebih banyak dan di wilayah inilah yang lebih kerap terjadi pemadaman listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *