Categories
Uncategorized

Dua Jenis Panel Otomatis Genset

Sama halnya dengan jenis mesin lainnya, genset dibekali dengan beberapa komponen yang nantinya berdampak pada kinerja genset. Melalui komponen-komponen tersebut, beberapa panel otomatis genset dapat terbentuk. Setiap panel yang ada dapat memberikan dampak pada kinerja genset. Salah satu panel pada genset yang bekerja secara otomatis adalah ATS atau Automatic Transfer Switch. Panel jenis ini dapat memindahkan sumber listrik yang ada secara otomatis. Karena bekerja secara otomatis, panel tidak perlu dikendalikan oleh tangan manusia. Ketika pemadaman listrik terjadi, panel ATS akan memerintahkan genset untuk menyala dengan sendirinya. Hal ini tentunya membuat pengguna genset untuk tidak menghidupkan genset secara pribadi ketika pemadaman listrik terjadi.

Dalam melakukan kinerjanya, panel ATS dapat diatur secara auto dan manual. Meskipun dapat bekerja secara otomatis, pemilik genset dapat mengubah panel ATS secara manual. Panel ATS bukan satu-satunya panel otomatis yang ada pada genset. Panel otomatis genset terbaik lainnya dikenal dengan nama AMF atau Automatic Main Failure. Panel ini dapat mengatur sistem off dan on pada genset. Jika arus listrik utama mengalami pemutusan, panel AMF akan menghidupkan genset untuk menghasilkan arus listrik yang dibutuhkan. Panel AMF juga akan memerintahkan genset untuk mati ketika sumber arus listrik utama telah terhubung kembali. Dalam memenuhi kebutuhan arus listrik, baik panel ATS dan panel AMF memiliki peranan yang sangat penting.

Guna mengetahui gambaran mengenai cara genset memenuhi kebutuhan arus listrik ketika sumber listrik utama terputus, hal yang perlu untuk diketahui adalah dengan mengetahui bagaimana kedua panel otomatis genset bekerja. Untuk mendapatkan sumber arus listrik yang dibutuhkan, atur panel ATS ke mode auto. Panel yang nantinya menyarankan genset untuk menyala adalah panel AMF. Panel AMF juga harus disetel secara otomatis sehingga dapat menyatu dengan genset. Panel ATS nantinya akan mengirimkan sinyal menuju panel AMF agar menyala. Pada saat terjadi pemadaman listrik, genset akan menyala secara otomatis. Pengguna genset akan memperoleh arus listrik yang dibutuhkan selama kedua panel bekerja dengan semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *